Vinny Budiman 26 Nov 2011

Banyak yang bilang nangis itu buat orang cengeng dan gak ada gunanya.
Tapi salah satu artikel dari Beliefnet membuktikan bahwa air mata yang kita keluarkan ternyata mempunyai keajaiban yang dapat berguna bagi kesehatan.
Mau tau apa aja keajaiban di balik air mata?
Yuk langsung aja kita baca, check this out!


1. Membantu Pengelihatan
Wow, ternyata air mata yang kita keluarkan bisa ngurangi dehidrasi pada membran mata yang bisa membuat pengelihatan jadi kabur.
2. Membunuh Bakteri
Di dalam air mata ternyata mengandung cairang yang disebut lisozom yang bisa membunuh sekitar 90-95 persen bakteri-bakteri di mata hanya dalam 5 menit, jadi kita gak perlu beli obat tetes mata lagi deh.
3. Meningkatkan Mood
Mungkin kedengarannya agak aneh ya, masa nangis bikin mood jadi bangkit lagi? Tapi itu kenyataannya. Penelitian membuktikan bahwa dengan menangis, seseorang bisa menurunkan level depresinya. Dan di dalam air mata yang dikeluarkan karena emosi sebenarnya mengandung protein albumin yang berguna untuk meregulasi sistem metabolisme tubuh.
4. Mengeluarkan Racun
William Frey, seorang ahli biokimia telah menjalankan studi tentang air mata dan menemukan bahwa air mata yang keluar karena emosional manusia mengandung racun. Dan dengan menangis, air mata membawa racun yang berada di dalam tubuh kita keluar melalui mata.
5. Mengurangi Stres
Selain bisa mengeluarkan racun, ternyata air mata juga bisa mengeluarkan hormon stres dalam tubuh kita yaitu endorphin, leucine-enkaphalin, dan prolactin. Selain itu, air mata juga membantu melawan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh sters, seperti tekanan darah tinggi.
6. Membangun Komunitas
Biasanya seseorang yang menangis setelah menceritakan masalahnya ke teman atau orang yang dianggapnya bisa memberi dukungan, dan hal inilah yang bisa membangkitkan kemampuan kita berkomunikasi dan bersosialisasi.
7. Melegakan Perasaan
Setelah menangis, sistem limbik, jantung dan otak akan menjadi lebih lancar. dan hal itulah yang membuat seseorang merasa lebih lega setelah menangis. Jadi kalo kamu punya masalah, keluarin aja semuanya lewat air matamu biar kamu bisa lebih lega.


Jadi sebenernya gak masalah kok kamu nangis, namanya juga manusia. Tapi nangisnya harus sesuai dosisnya ya, alias jangan berlebihan karna semua hal yang berlebihan itu gak baik loh.
Hehehe~
Oiya sebagai penutupnya, gue punya sedikit quotes tentang air mata nih (quotes ini udah pernah gue post kok di entri gue sebelumnya, yang "Galauan" favorite gue)
"Kamu gak akan pernah bisa berbohong ketika kamu menangis, karna air mata adalah suatu ungkapan pada saat bibir gak bisa menjelaskan bahwa kamu sedang terluka."


"Maaf gue terpaksa keluar, gue tau lo udah gak tahan lagi." kata air mata kepada hati.


"Tears sometimes be more special than smiles.. For smiles can be given to anyone but tears are only shed for people we love."

0 comments:

Posting Komentar